15 Oktober 2009

WAIT!!


Cuma ada 1 hal di dunia ini yang paling bikin aku ga suka buanget: MENUNGGU...!!! Hahaha. OK, aku mungkin memang bukan tipe orang penyabar. Mungkin teman-teman jauh lebih penyabar dari aku. Tapi tetap saja, setiap manusia punya limit tersendiri untuk kesabarannya (seperti kata pepatah: Sabar ada batasnya...).

Nah, masalahnya, seperti yang kita semua sudah ketahui, Tuhan dapat menjawab doa kita dengan 3 jawaban: YA, TIDAK, atau TUNGGU. Kalau doaku langsung dijawab YA atau TIDAK, tentu tidak ada masalah. Paling tidak aku mendapat sebuah jawaban. Tapi, jika Tuhan bilang: "TUNGGU....", wooowww..... Pasti dalam hati langsung aku jawab: "Mau tunggu sampe kapan, Tuhan? Ga efektif banget sih. Buang-buang waktu aja. Langsung jawab ya atau tidak aja apa susahnya sih? etc. etc. etc..." Hahahahahaha....

Dalam hidupku, aku sudah sering ditempa untuk hal yang satu ini. Aku pernah harus menunggu 1 tahun hanya untuk sebuah pertanyaan sederhana: "Kenapa?". Aku juga pernah harus menunggu selama hampir 1 tahun untuk sebuah pertanyaan sederhana: "Boleh atau tidak?". Dalam perjalanan itu, aku terus bertanya, "Apa maksudnya, Tuhan? Apa mau-Mu?". Tapi tidak pernah mendapatkan jawaban. Dan ternyata sekarang aku tahu kenapa Tuhan mengijinkan waktu untuk menempa hidupku dalam pencarian jawaban itu...

Waktu adalah hakim yang adil. Jika kamu ingin tahu apakah sesuatu itu sejati atau tidak, ujilah dengan waktu. Contohnya, perhiasan yang disepuh emas dengan perhiasan dari emas murni. Pada awalnya, keduanya kelihatan serupa. Tapi setelah lewat 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, dst., emas murni tetap berkilau sedangkan perhiasan yang disepuh akan memudar dan rusak, bahkan berkarat. Contoh yang lainnya adalah anggur atau wine. Semakin tua umur sebotol wine, maka makin mahal juga harganya kan?

Sekarang untuk hal-hal yang lebih manusiawi, apa sih contohnya? Yang paling umum adalah CINTA. Cinta diuji dengan waktu. Ketika kamu ingin tahu apakah pacarmu benar-benar menyayangi kamu, tidak ada cara lain yang lebih baik selain membiarkan waktu yang mengujinya. Cinta yang sejati tidak pudar seiring dengan waktu. Dia mungkin meredup, tapi tidak pernah mati.

Contoh lainnya, adalah IMAN. Inilah yang seringkali Tuhan uji dalam kita. Inilah yang ingin Tuhan uji ketika Dia menjawab: TUNGGU. Dia ingin tahu apakah iman kita adalah iman tempe atau iman sejati. Ketika doa kita digantung oleh Tuhan, hati kita menjadi penuh dengan tanda tanya. Kita tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Bahkan setelah berdoa pun seolah kita tetap tidak tahu harus berbuat apa. Satu-satunya hal yang bisa kita lakukan hanyalah bergantung pada-Nya dan berharap kedapa-Nya. Lain halnya bila kita selalu tahu apa yang harus kita lakukan, atau bila kita selalu mendapatkan apa yang kita inginkan. Jika seperti itu kejadiannya, kita tidak akan pernah mencari Tuhan, tetapi terus asyik dengan dunia kita dan diri kita sendiri. Kita seolah-olah tidak butuh Tuhan dan akhirnya melupakan Dia.

Teman, satu hal yang aku sadari. Ternyata menunggu bukanlah hal yang menyebalkan. Justru dalam penantian itulah biasanya kita menemukan sesuatu yang jauh lebih berharga, yang bahkan jauh lebih indah dan hebat daripada apa yang pernah kita pikirkan. Dengan menunggu, kita membiarkan pikiran kita tenang sejenak dan akhirnya merefleksikan kembali, sebenarnya apa yang kita cari dalam penantian tersebut.

Well, happy waiting and enjoy the wait... Haha...
(Aku rasa aku pun masih harus belajar banyak untuk hal yang satu ini...)

GBU alwayz... ^^
© hiLda 2009



Bookmark and Share


4 komentar:

  1. SEP lah MENUNGGU.... :-bd
    kek na g tau neh yg 1 tahun... hahahahaah
    PEACE, No Offence....

    d tunggu kisah2 yg laen.. hahhahaahah

    BalasHapus
  2. Hahahaha... Ni sapa ya?? Ga pake nama lagi... Kalo soal yang 1 tahun itu sih rahasia pabrik dlu ah... Hahaha... =p

    Sip2... Thx buat comment nya... GBU... ^^

    BalasHapus
  3. 88 minta izin kasih comment..

    Perna aku baca..ada kalimat yg bilang.. (lupa2 ingat neh..heheh)

    mintalah..maka akan diberikan..
    ketoklah maka pintu akan dibukakan..

    menurut aku klu Tuhan itu pasti akan jawab Ya klu kita bner2 yakin dan percaya meminta nya..

    -thanks-
    88

    BalasHapus
  4. but dlm menunggu kita ga bole batu. harus peka juga dengan apa yang God mau. Kalo Gos mau stop ya stop, ubah ya ubah.
    Terkadang Dia mala nanya : It's your will ? or My will?

    BalasHapus

What do you think about this post?