02 April 2010

Never Flawless

Manusia paling menyukai segala hal yang indah. Lihatlah 7 keajaiban dunia, lukisan Monalisa, Basilika St. Petrus, musik-musik klasik karya Mozart, Beethoven, dll. Mau bukti yang lebih nyata? Mari kita lihat idola-idola jaman sekarang: artis dan aktor Asia yang ganteng dan cantik (walaupun mungkin sudah ngga original lagi alias hasil permak). Semua orang mengagungkan keindahan. Kecantikan, kemegahan, keanggunan, kesempurnaan. Itulah yang dikejar oleh manusia jaman sekarang.

Tapi tahukah kalian, menurutku, keindahan yang paling indah tidak dapat ditemukan dalam kesempurnaan. Keindahan yang paling indah justru terdapat dalam ketidaksempurnaan seorang manusia. Kenapa? Karena itu menunjukkan bahwa kamu adalah manusia biasa.

Mana ada sih manusia yang sempurna? Semua orang punya kelemahan, semua orang punya cacat dan noda. Semua orang pernah melakukan kesalahan, semua orang pasti pernah melukai orang lain. Tapi itulah manusia, ciptaan yang memang tidak sempurna.

Dalam Kitab Kejadian, Tuhan berkata bahwa manusia sungguh amat baik, tetapi Dia tidak pernah mengatakan bahwa manusia itu sempurna. Karena memang manusia tidak pernah sempurna.

Sama seperti bila kita membeli sayuran di supermarket. Bila kita melihat sayuran yang sempurna, justru sayuran seperti itulah yang ditanam dengan menggunakan banyak pestisida beracun. Karenanya hama tidak dapat menyentuhnya. Tapi sayuran yang memiliki banyak cacat dan noda adalah sayuran yang dapat bertahan dari serangan hama. Karenanya dia memiliki lebih banyak gizi dan tidak membawa racun bagi orang yang memakannya.

Orang yang merasa bahwa dirinya sempurna adalah orang yang arogan karena dia tidak dapat melihat cacat dalam dirinya sendiri. Dan orang seperti ini akan menjadi seperti sayuran yang penuh pestisida, dia akan membawa racun bagi orang yang memakannya.

Manusia memang tidak pernah sempurna dan tidak akan pernah menjadi sempurna. Tapi perjuangan untuk semakin disempurnakan itulah yang dapat mengubah manusia menjadi semakin indah. Mungkin tidak sampai menjadi sempurna, tetapi indah di mata Sang Pencipta.


GBU alwayz... ^^

© hiLda 2010



Bookmark and Share


2 komentar:

  1. Bgs.
    Jd ketidaksempurnaan malah jd keindahan....cnth lain menara Pisa di Italia.....jg bnyk nya copet yang pelaku nya masih anak anak di Italia.


    Met Paskah 2010.

    BalasHapus
  2. Hai hil... nice to see you here ^.^

    see what u can't see with ur eyes.. keindahan sebagai hasil akhir memang enak untuk dinikmati, tapi keindahan sebenernya terlihat dari proses. setuju sama kamu hil, ketidaksempurnaan dan proses menjadi sempurna itu yang merupakan keindahan yang menujukan kualitas pribadi masing2 manusia yang membentuk karakternya menjadi indah.

    BalasHapus

What do you think about this post?